Saturday, November 16, 2013

Berbisnis Kartu Ucapan

Berbisnis Kartu Ucapan

Adanya penemuan teknologi telepon tanpa kabel (handphone) sedikit banyaknya telah menggusur beberapa bisnis yang sebelumnya telah berdiri. Salahsatu bisnis yang langsung terkena imbasnya adalah "pager" karena layanan teks tersebut telah tergantikan okeh layanan SMS (Sort Message Service) dari handphone.

Bisnis lainnya yang terkena imbas adalah bisnis kartu ucapan, seringkali pelanggan merasa enggan untuk melakukan proses pembelian kartu ucapan, menulisnya dan kemudian mengirimkannya ke kantor pos. Dengan adanya layanan SMS pengguna bisa langsung mengirimkan teks-nya pada saat menekan tombol kirim pesan di handphone.

[viral-content]

Apakah bisnis kartu ucapan benar-benar mati? tidak juga karena sebagian orang masih senang menggunakan kartu ucapan konvensional, terutama untuk event-event khusus, selain itu bisnis ini masih bertahan untuk pembuatan kartu undangan baik perkawinan, undangan perusahaan dan undangan resmi lainnya. Seperti kata Rhenald Kasali dalam buku-nya "Change" berubahlah atau mati, bisnis ini-pun harus mengalami perubahan terutama kemampuan mengadopsi teknologi baru.

Sebenarnya adanya teknologi internet menjadikan pangsa pasar bisnis kartu ucapan lebih luas lagi pemasarannya. Jika Anda jeli mintalah desainer kartu ucapan anda bekerja sama dengan orang yang menguasai IT dan bahasa Inggris untuk merancang sebuah produk kartu ucapan yang dapat dikirim menggunakan email. Walaupun bagaimana kekuatan desain gambar kartu ucapan masih menjadi daya tarik utama seseorang untuk membelinya. Kartu ucapan yang dibuat untuk dikirim melalui email biasanya dapat format "flash".

Bagi pemilik toko non-internet, siapkan sebuah kamera foto digital yang memiliki kemampuan merekam video dan sebuah komputer untuk mengeditnya. Dengan format flash Anda bisa merekam suara, gambar dan video si pembeli kartu ucapan, kemudian diedit dengan template kartu ucapan yang dipilih si pembeli dari stok yang kita miliki. Langkah selanjutnya adalah mengirimkannya melalui email langsung ke sipenerima dan si pembeli dapat menyimpannya dalam sebuah CD.

Jika ingin pemasaran kartu ucapan yang lebih luas keseluruh dunia tanyakan pada orang IT Anda untuk membuat sebuah website yang memungkinkan pembelinya merekam video dan langsung dimasukan pada stok template kartu ucapan Anda seperti contoh https://www.mycardmaker.com/flash.html (MSI) (Ilustrasi:www.filebuzz.com)

[/viral-content] [agoda ad="4" city="jakarta" star="3"]

0 comments:

Post a Comment