Saturday, November 16, 2013

Bisnis Jasa Penitipan Sepeda Motor

Bisnis Jasa Penitipan Sepeda Motor

Bisnis jasa penitipan sepeda motor adalah bisnis kepercayaan, sebab harga sepeda motor tidaklah murah. Lokasi yang jasa penitipan sepeda motor biasanya berdekatan dengan stasiun kereta, terminal bis, terminal angkot, perkantoran ataupun kampus. Pelanggan yang menggunakan jasa ini biasanya menggunakan sepeda motornya ketempat lokasi penitipan sepeda motor yang kemudian melanjutkan perjalanannya dengan kendaraan umum (Kereta, Bis atau Angkot).

Selain jasa penitipan yang berlokasi permanen (dekat terminal, stasiun dan kampus) jasa ini-pun dapat dilakukan ketika ada acara-acara tertentu seperti layar tancap, konser dangdut, balap motorcross, pesta kawin dan acara besar lainnya. Seperti halnya jika acara tersebut dilakukan musiman, maka bisnis ini-pun akan menjadi bisnis musiman bagi Anda.[viral-content]

Kebutuhan dasar dari bisnis penitipan sepeda motor adalah lahan yang cukup luas agar dapat menampung banyak kendaraan. Kebutuhan yang paling penting lainnya adalah karyawan untuk penjaga tempat penitipan motor. Seperti jasa parkir di mall-mall tentunya kita harus mempersiapkan kartu untuk mengidentifikasi nomer sepeda motor dengan STNK. Gunakan kreatifitas Anda untuk membuat kartu parkir tersebut seunik mungkin hingga sulit untuk ditiru.

Alangkah baiknya jika Anda menjalankan bisnis jasa penitipan sepeda motor, membuat saung untuk melindungi sepeda motor dari panasnya terik matahari atau dinginnya hujan.Berbeda dengan jasa penitipan sepeda motor saat ada acara-acara tertentu Anda tidak memerlukan saung pemanen, karena acaranya terjadinya hanya pada waktu tertentu saja.

Masalah operasionalnya carilah karyawan untuk penjaga keamanan, jika memungkinkan rekrut karyawan di sekitar lokasi jasa penitipan sepeda motor, selain irit biaya transportasi bagi si karyawan juga Ia dikenal masyarakat sekitarnya. Jika kesulitan dalam merekrut karyawan tersebut, tanyakanlah pada ketua RT setempat untuk rekomendasi calon karyawan.

Teknik operasional jasa penitipan sepeda motor yang aman, hanya menerima penitipan sepeda motor yang memiliki STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) saja. Hal tersebut untuk mempermudah pengecekan keluar masuknya penitipan sepeda motor.

Perkiraan penghasilan dari bisnis jasa penitipan kendaraan ini berada dikisaran Rp 1.000 - Rp 1.500 untuk satu jam pertama, biasanya per jam berikutnya akan lebih murah lagi. Agar lebih menarik pelanggan, tawarkan paket penitipan sepeda motor ke dalam beberapa kategori, yaitu paket harian reguler, harian menginap, mingguan reguler dan bulanan reguler.

Jika Anda kesulitan mencari lahan sewa untuk penitipan sepeda motor, ajaklah kerjasama bagi hasil dengan pemilik tanah atau pemilik gedung. (ADH) (Ilustrasi:ninja250r.files.wordpress.com)

[/viral-content] [agoda ad="4" city="jakarta" star="3"]

0 comments:

Post a Comment