Friday, October 9, 2015

Menentukan Pilihan Waralaba

Sebelum menentukan pilihan tepat usaha waralaba di negara berkembang yang tepat ada baiknya jika kita mengerti dahulu apa itu bisnis waralaba dan apa manfaat ketika kita menjalankannya.

Apa itu waralaba

Waralaba atau istilah lainnya franchise berawal dari kata "wara" yang berarti banyak dan kata "laba" yang berarti keuntungan. Jadi istilah waralaba adalah banyak keuntungan. Yang akan terlibat dalam bisnis warabala ini ada 2 orang yaitu franchisor atau orang yang memiliki waralaba tersebut dan franchisee orang yang akan ikut mewaralabakan produk tersebut. Pihak ini yang akan diberikan hak untuk dapat memasarkan brand yang dimiliki oleh pemilik waralaba tersebut, atau dikenal dengan istilah lisensi.

Bisnis-bisnis waralaba

Ada banyak sekali usaha yang dapat dijadikan sebagai bisnis warabala ini, seperti bisnis kuliner, bisnis sekolah, bisnis otomotif, dll. Bahkan saat ini didirikan sebuah organisasi yang akan mewadahi para pelaku franchise ini yang disebut dengan Asosiasi Franchise Indonesia atau yang disingkat menjadi AFI. Di dalam AFI ini maka para pelaku bisnis ini dan orang-orang yang berminat untuk menggeluti bisnis ini dapat pertukar pikiran, mengadakan seminar, dll.

Hal-hal seperti ini tentunya akan menjadi sebuah peluang usaha yang sangat baik untuk dijalankan oleh siapa saja, termasuk di negara berkembang seperti di negara kita ini, terutama mereka yang mempunyai modal yang cukup. Bisnis waralaba yang paling tinggi dan paling banyak dicari adalah waralaba dalam sektor makanan.

Tips Menjalankan Produk Waralaba

Untuk dapat menjalankan bisnis waralaba maka kita tahu mengetahui caranya, berikut ini adalah beberapa tips untuk dapat memulai usaha waralaba tersebut ;

Mencari produk yang unik

Hal yang harus perhatikan sebelum memilih waralaba adalah cari produk waralaba yang unik. Cari produk yang kreatif dan juga inovatif, dan belum ada dimanapun, hal ini tentunya akan menarik banyak orang untuk datang dan menggunakan produk unik yang kita jual tersebut.

Cari produk yang paling banyak diminati

Cari produk waralaba yang paling banyak diminati dan tentunya paling banyak digunakan, seperti waralaba makanan. Saat ini ada banyak sekali waralaba makanan atau minuman yang dapat kita pilih. Produk seperti ini tentunya banyak peminat, modal yang harus Anda keluarkan tidak terlalu besar, dan proses kembalinya modal juga tergolong cepat.

Siapkan modal

Setelah mengetahui produk waralaba yang akan digunakan, maka kita harus dapat mempersiapkan modal untuk membeli lisensi dari produk waralaba tersebut. Untuk masalah modal ada baiknya siapkan 1 ½ atau 2 kali lipat dari modal yang harus disipakan, hal ini sebagai cadangan jika terjadi sesuatu. Dengan begitu maka kita akan dapat berjualan dengan leluasa.

Pemasaran harus luas

Ketika Anda hendak membuka bisnis waralaba ada baiknya jika mencari tempat yang paling strategis, dengan demikian orang akan lebih mudah melihat apa yang sedang Anda jajakan saat itu, tidak ada salahnya jika memasukan bisnis waralaba yang akan kita buka tersebut di media maya atau media online, tentunya ini akan membuat proses pemasakan akan semakin luas.

Kerja keras

Ini juga yang harus kita lakukan, tidak akan ada hasil jika kita tidak bekerja keras. Untuk tahap awal mungkin hasil yang akan didapat cenderung kecil, namun dengan teknik dan strategi pemasaran yang baik, dan keuletan yang baik, maka lambat laun, usaha yang kita lakukan akan membuahkan hasil.

Dengan adanya beberapa pilihan tepat usaha waralaba di negara berkembang tersebut tentunya akan membuat kita dapat mengembangkan usaha tersebut dengan lebih baik lagi.

Sumber:http://bit.ly/1cEZUIy

Orignal From: Menentukan Pilihan Waralaba

0 comments:

Post a Comment